Thursday, April 28, 2011

Tips Menggoreng Ikan, Bawang dan Kerupuk

Oleh : Florentina Lenny Kristiani

Berikut kami sajikan beberapa tips menggoreng, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

A. MENGGORENG IKAN
1. Menggoreng ikan mas atau ikan gurame ukuran besar. Supaya hasilnya matang rata dan kulitnya tetap cantik, ikuti tips berikut. Bungkus ikan dengan daun pisang, lalu goreng. Setelah ikannya kering, daun akan lepas dengan sendirinya.
2. Menggoreng ikan ukuran kecil atau sedang, ada juga caranya. Panaskan wajan dahulu, kemudian tuang minyak gorengnya. Setelah panas, baru masukkan ikan, goreng sampai kering baru di balik.
3. Menggoreng ikan gurame dengan sayap melebar (seperti perahu). Kerat daging ikan di bagian perut hingga punggung, hati-hati jangan sampai putus. Ikat dengan benang bola agar daging ikan merekah, kemudian goreng dalam minyak panas sedang dalam jumlah banyak. Ikan akan merekah dan matang merata.
4. Ikan duri lunak cenderung mudah hancur kalau digoreng. Nah, untuk menggorengnya, celup ikan duri lunak ke dalam telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Selain rasanya lebih enak, penampilan ikanpun akan lebih cantik.
5. Untuk ikan teri, gunakan api kecil saja. Selain matang merata, ikan teri juga akan lebih renyah.

B. MENGGORENG BAWANG
1. Untuk membuat bawang merah goreng, setelah diiris, lumuri bawang dengan sedikit tepung terigu. Setelah terbalut rata, goreng dalam minyak panas sedang sampai renyah. Atau bisa juga irisan bawang merah direndam dalam air garam, diamkan 15 menit. Goreng dalam minyak panas sedang sampai renyah.

C. MENGGORENG KERUPUK
1. Pastikan wajan, sodet dan alat penyaring dalam keadaan kering.
2. Sebaiknya kerupuk dijemur dulu sebelum digoreng.
3. Setelah minyak sudah panas, masukkan kerupuknya. Gunakan api sedang.
4. Untuk menggoreng kerupuk yang besar, goreng satu per satu, agar kerupuk mekar maksimal.
5. Kerupuk dengan ukuran kecil bisa digoreng agak banyak, siram-siram dengan minyak panas agar merekah dan hasilnya lebih renyah.
6. Setelah mekar dan renyah, tiriskan di alat penyaring lalu tuang ke atas tisu dapur, agar minyaknya terserap.
7. Setelah dingin, masukkan ke dalam stoples, tutup rapat.

No comments: